Categories
Efek Covid bagi pariwisata

Hadirkan Dua Influencer Asal Vietnam Kbri Hanoi Gelar Diskusi Daring Bertemakan Reopening Bali Publish Covid 19

Mungkin subsidi-subsidi sementara, sampai bertahan sampai virus ini hilang,” kata Elly. Bali merupakan salah satu destinasi yang paling terdampak. Selama lebih dari 40 tahun berkecimpung di bisnis pariwisata di Bali, Anak Agung Raka Bawa, belum pernah mengalami situasi sesulit saat ini. Dalam dua bulan terakhir, nyaris tidak ada turis mengunjungi usaha wahana air miliknya yang terletak di Pantai Tanjung Benoa, Badung.

Beberapa dari jumlah tersebut juga merupakan program rerun dan repackage. Maklum kondisi awal pandemi, stasiun televisi masih mengalami guncangan karena harus mengurangi crew produksi. Berdasarkan data pemantauan dan hasil cross verify ke 18 stasiun TV berjaringan, pada ramadan tahun 2021 ini ada 89 program acara berbuka dan 62 program acara untuk sahur. Jika ditotal pada tahun ini ada 151 program acara ramadan,” ungkap Mulyo. “Kalau sembako dihilangkan dari kelompok jenis barang yang tidak dikenakan PPN tentu saja merugikan masyarakat karena barang kebutuhan pokok sangat dibutuhkan masyarakat,” tuturnya. Menurut dia, rencana tersebut berpotensi mengerek harga jual sembako yang membuat masyarakat semakin tercekik.

Dibandingkan dengan berkurangnya ekspor karena resesi global dan menurunnya aktivitas pariwisata, dampak restriksi sosial terhadap aktivitas ekonomi lah yang justru akan menjadi sumber pemicu utama resesi. Resesi akan mempunyai ongkos sosial ekonomi apalagi di negara-negara yang sistem jaringan pengaman sosialnya tidak begitu kuat. Martin Ravallion, ekonom ahli kemiskinan ternama dari Amerika Serikat bahkan membuka kemungkinan resiko lockdown yang akan berdampak pada kelaparan di negara-negara miskin. Dalam situasi seperti ini, “obat” bisa jadi lebih mematikan daripada “penyakit”-nya. Oleh karena, itu masuk akal, jika pembatasan sosial sebaiknya tidak disamaratakan untuk semua aktivitas perekonomian. Aktivitas-aktivitas perekonomian yang esensial dan rendah resiko pelakunya terpapar virus harus diberi perhatian lebih agar mendapat sentuhan kebijakan khusus.

Banyak warga Bali yang kehilangan pekerjaan karena pandemi

Dulu, sebelum pandemi melanda, unit usaha ini bisa melakukan ekspor 30 kilogram kacang mete mentah ke Jepang tiap pekan. Biasanya untuk resort Daftar Slot Terpercaya dan villa, BUMDes bisa menyuplai 5 kilogram kacang mete olahan tiap pekan. Selanjutnya pada 2018 BUMDes membentuk unit usaha sampah.

“Nelayan ini disebut nelayan COVID oleh warga Kedonganan,” seloroh dosen Poltekpar ini. Desa-desa di kawasan Gunung Muria, Kabupaten Kudus, menghasilkan kopi yang cukup besar. Namun, kendala berupa sistem ijon, kelembagaan, sampai pengolahan kopi masih menghambat petani untuk merasakan manfaat ekonomi yang lebih besar.

Jadi, produktif dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat memang seharusnya menjadi pilihan saat ini,” ujarnya. Pandemi ini membuat lebih dari setengah penduduk Bali yang bekerja di perhotelan mengalami pemutusan hubungan kerja. Mereka tidak mempunyai pilihan selain harus kembali ke desa dan mengembangkan apa yang mereka punya di sana. Bagi yang mempunyai lahan, mereka kembali mengolahnya menjadi lahan produktif.

Dirumahkan tanpa diberikan upah dialami oleh Mbak Loly dan Ibu Etni . Kebetulan kedua responden ini bergerak di bidang yang sama, yakni pemasaran produk. Berbeda dengan dua kasus tersebut, Pak Endi, seorang pengusaha penyewaan peralatan pesta, tetap menggaji karyawannya sebesar 50% dari gaji utuh mereka meskipun usahanya terhenti sama sekali. Menurut Pak Endi, orang yang mempunyai keahlian memasang tenda dan mendekorasi pesta pernikahan sangat sedikit, maka ia tetap menggaji karyawannya agar mereka tidak mencari pekerjaan lain.