Categories
Anak muda bisa menjadi jutawan dari saham

Kumpulan Berita Vaksinasi Mandiri

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir sebelumnya mengatakan, perseroan telah mendapatkan komitmen 35 juta vaksin untuk program vaksinasi gotong royong dari tiga merek vaksin Covid-19. Berdasarkan information Kementerian Kesehatan, sasaran program vaksinasi mencakup 107 juta penduduk berusia tahun. Sebanyak 32 juta jiwa didaftarkan sebagai penerima vaksin gratis, sementara 75 juta jiwa diharapkan melakukan vaksinasi mandiri. “Lalu mereka [Kamar Dagang dan Industri Indonesia/Kadin] bilang vaksin untuk program ini diambil dari selain vaksin yang dipakai pemerintah. Alih-alih fokus membereskan persoalan vaksinasi di lapangan, pemerintah kini sibuk membuat aturan untuk mengakomodasi vaksinasi mandiri. Di mata para pakar, rencana vaksinasi mandiri justru berpotensi mengganggu program vaksinasi pemerintah.

Ini akan berdampak pada permintaan, sehingga konsumsi juga meningkat. Kita tahu bahwa di Indonesia, sektor konsumsi itu menyumbang sekitar 56% dari produk domestik bruto. Siap, karena masuk ke dalam program CSR atau bagian dari operasional perusahaan.

“Yang saya lihat sejauh ini antusiasme perusahaan di tanah air itu tinggi sekali. Sekitar satu juta perusahaan sudah bersedia melakukan vaksinasi mandiri,” ujarnya. Topik vaksinasi memang ramai dibicarakan memasuki akhir tahun.

Vaksinasi Mandiri

Jika Anda termasuk dalam kelompok yang diprioritaskan mendapat vaksin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dia menuturkan, dalam jangka pendek yang penting lainnya ialah penerapan protokol kesehatan. Pemerintah daerah hingga pengusaha harus meminta masyarakat dan karyawannya untuk menjalankan protokol kesehatan. Pada 7 Desember 2020 Indonesia menerima 1,2 juta dosis vaksin Sinovac buatan Cina. Kemudian pada 31 Desember 2020 Indonesia kembali menerima 1,8 juta dosis vaksin Sinovac.

Petisi ini meminta Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri BUMN Erick Thohir agar membatalkan program vaksinasi mandiri. Jika memang hendak menggandeng korporasi swasta, pemerintah sebaiknya hanya melibatkan mereka dalam distribusi vaksin Covid-19 dan bukan vaksinasi sendiri. Namun demikian, vaksin mandiri berbeda dengan vaksin yang sudah menjadi program pemerintah. Vaksin dalam program pemerintah menggunakan vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Sedangkan untuk vaksinasi mandiri menurut rencana akan memakai buatan Sinopharm dan Moderna. Selain itu Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa karyawan dan buruh harus diberikan secara free of charge dan harga vaksin ditentukan oleh pemerintah.